Wisata

Titulo

Arsitektur Tradisional | Sekala Brak Lampung Barat

Rumah Tradisional Penduduk Pekon Hujung Lampung Barat

Rumah-rumah tradisional Lampung Barat adalah rumah panggung yaitu rumah yang terbuat dari kayu yang dibawah nya sengaja dikosongkan sebagai tempat menyimpan ternak dan hasil panen. pada umum nya rumah-rumah tradisional ini telah berumur puluhan tahun bahkan ratusan tahun.

bentuk rumah-rumah tradisional tersebut bisa kita jumpai di perkampungan-perkampungan di Kecamatan Belalau (Hujung, Kenali, Turgak, Luas), di Kecamatan Belalau (Kotabesi, Canggu, Pekon Balak, Negeri Ratu, Sukabumi) dan di Kecamatan Balik Bukit (Kota Agung, Empulau Ulu).

Sebagaimana di daerah lain, di Lampung rumah-rumah tradisional ini mempunyai beberapa bentuk yang disesuaikan dengan kedudukan dan status si pemilik, seperti Gedung Dalom sebutan Keraton/Istana bagi seorang Suttan/Sultan/Raja/Saibatin, Saibatin adalah pemilik Adat dan Masyarakat Adatnya, pemilik wilayah dan hak ulayatnya.

Di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Lampung, yang secara administratif masuk dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat, setiap rumah Pimpinan Jukku, Kebu, Sumbai, setiap rumah nya mempunyai nama yang diberikan langsung oleh Saibatin Raja Adat.

Beranda Rumah Panggung, terletak di Pekon Canggu Kecamatan Batu Brak Kepaksian Pernong
Tampak Kabut tebal masih menyelimuti pagi yang dingin, foto diambil sekitar jam 06.00 WIB

Tampak Depan, rumah tradisional yang beratapkan ijuk, sudah berusia Ratusan tahun, di Pekon Hujung Kepaksian Belunguh Kecamatan Belalau
Gedung Dalom Kepaksian Pernong, rumah Saibatin Raja Adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak
Kepaksian Pernong Lampung
Lamban Kenali, rumah yang berusia ratusan tahun terletak di Sukadana Kenali Kecamatan  Belalau
Lamban Ugokhan Batin, rumah yang dibangun baru-baru ini namun tetap mempertahankan ciri khas rumah asli Lampung nya, terletak di Pekon Canggu Kepaksian Pernong Sekala Brak Lampung Barat

7 komentar

  1. kehagani wat perda ato himbauan jak bupati agar pemilik bangunan tradisional tetap dipertahankan dan bagi yang ingin mendirikan bangunan harus bercirikan kebudayaan setempat, maksimalnya bisa mengacu dari arsitektur bangunan tradisional diatas,, hee,, semoga ya bang,,

    BalasHapus
  2. ki di Kota Bandar Lampung khadu wat Van, kham sai ngaku bahwa Asal Muasal bangsa Lampung malah mawat,,,,
    induh khapa hana,,, ki haga na kita pai sai nyaccan kebijakan na heheheh

    BalasHapus
  3. Sangun pekhlu kham jejama lestakhiko adat, budaya, kesenian kham lampung ulih jak adat budaya kham dapok dikenal andahne masyarakat luas Indonesia bahkan di Dunia bahwa kham lampung sa ngemik adat budaya, Seni, peninggalan sejarah sai wat nilai mak kahingga. Bravo Lampung, jejama kham ngandanya.
    Putra Waylima Pardasuka

    BalasHapus
  4. bisa minta alamat lengkap sama aahan mau kesana gak dari bandar lampung?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.