Wisata

Titulo

ARSITEKTUR TRADISIONAL LAMPUNG

"Rujukan bangunan modern di Bumi Ruwa Jurai"

Sebagaimana kita tahu, bahwa Lampung Barat adalah merupakan asal usul bangsa Lampung, maka di Lampung Barat terdapat banyak kampung tua yang diperkaya dengan rumah panggung dengan tetap mempertahankan arsitektur tradisionalnya. 

Salah satu kampung tua terdapat di kaki Gunung Pesagi, Pekon Hujung sebutannya, Pekon Hujung merupakan salah satu pintu gerbang bagi wisatawan yang hendak berwisata religi dengan mendaki puncak Gunung Pesagi. Gunung Pesagi oleh beberapa kalangan di percaya merupakan tempat yang sakral, oleh karenanya banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Nya. Menjelang 1 Muharram akan lebih banyak pengunjung yang mendaki dan menyepi di puncak pesagi. Selain berwisata religi, terdapat pula wisatawan yang merupakan pecinta alam yang ingin memacu adrenalin dengan mendaki gunung tertinggi di Lampung ini. Selain jalur Pekon Hujung, pengunjung juga bisa menggunakan jalur Bahway Kecamatan Balik Bukit.

Pekon Hujung | EGC

Guna mendukung wisata di Gunung Pesagi, saat ini Pekon Hujung dijadikan desa wisata dengan pesona tersendiri. Diantaranya ikut serta dalam aktifitas kehidupan masyarakat di kaki Gunung Pesagi dan beranjangsana ke rumah sabuk, rumah yang berdinding dan berlantaikan belahan bambu atau oleh masyarakat setempat biasa disebut “khesi” dengan beratapkan ijuk. Merupakan peninggalan masa lalu berusia ratusan tahun dengan ukuran bangunan rumah tua yang berukuran lebar 5,5 m dengan panjang 10m, didalam terdapat 2 sampai 3 kamar tidur dan sisa ruangan dipakai untuk ruang keluarga dan atau ruangan yang dipakai untuk tempat bermusyawarah. Di bagian belakang disebut “sekhudu” dan dapur , sedangkan kamar mandi dan toilet terpisah dengan rumah induk. Tempat ini sangat representatif bagi anda yang menginginkan suasana pedesaan yang sejuk dan jauh dari kebisingan.

Lamban Pesagi di Pekon Kenali | EGC
Bangunan dengan arsitektur tradisional juga terdapat di Pekon Kenali Kecamatan Belalau, disebut dengan Rumah Kenali, sebuah bangunan yang menjadi rujukan baik masyarakat Lampung maupun pemerintah yang ingin mendirikan rumah dan atau gedung kantor. bangunan rumah Kenali yang terdapat di Museum Lampung dan Bangunan yang terdapat di Anjungan Lampung TMII Jakarta adalah merupakan arsitektur dengan mengambil dasar arsitektur dari rumah Kenali yang terdapat di Pekon Kenali.

Pekon Kutabesi berselimut Kabut Pagi | EGC
Selain itu, rumah panggung yang masih dipertahankan dengan menggunakan arsitektur tradisional dapat ditemui di sepanjang Kecamatan Belalau, Batu Bekhak, Way Tenong dan lainnya, salah satunya di Pekon Kutabesi Kecamatan Batu Bekhak, yang dapat dinikmati dari ketinggian, menyaksikan jejeran rumah panggung tersusun rapi, apalagi jika disaksikan pagi hari, nampak terlihat rumah panggung yang diselimuti oleh kabut pagi, disertai dengan aktifitas pagi masyarakat nya, sungguh pemandangan yang menakjubkan. [ Endang Guntoro Canggu | @endangguntorocanggu ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.